Jumat, Februari 20, 2009

Sexy Flexi Sabet Network Terbaik

Jakarta- Flexi Base Station milik Nokia Siemens Network sukses memenangkan penghargaan Best Network Technology Advance dalam GSMA Global Mobile Awards 2009 di Barcelona.

“Kami secara berseloroh menyebutnya sebagai sexy Flexi karena merupakan BTS yang semua operator ingin menyaksikanya. Pengakuan yang diberikan oleh industri memperkuat kesan tersebut,” ujar Head of Nokia Siemens Networks Radio Access business Marc Rouanne dalam keterangan tertulisnya.

Flexi yang dapat menjalankan HSPA dan LTE tersebut diluncurkan satu tahun lalu, sebagai anggota Flexi Base Station. BTS ini jenis modular berukuran kecil dan hemat energi.

Produk yang sudah mulai dikirim ke pelanggan ini memanfaatkan sepenuhnya konsep radio yang ditentukan oleh software dan mampu memberikan jalur mulus menuju LTE. Flexi Base Station dapat diimplementasikan dengan WCDMA/HSPA dan dapat diupgrade ke LTE hanya dengan software, tanpa membutuhkan investasi baru dalam bentuk hardware.

Kemampuan unik dari Flexi ini diperluas untuk mendukung semua teknologi 3GPP dari GSM/EDGE dan WCDMA/HSPA hingga LTE—semuanya berjalan secara bersamaan dalam satu unit. Agar operator dapat mengatasi tantangan biaya, menjalankan beberapa jenis teknologi radio dalam satu BTS berarti OPEX yang lebih rendah

Kunjungan ke lokasi BTS lebih sedikit, logistik yang lebih sederhana, pemeliharaan yang lebih sedikit dan persyaratan yang lebih ringan untuk staf terlatih. Bagi pengguna, BTS yang ditentukan oleh software ini menjanjikan akses yang lebih cepat.

Dengan mengembangkan Flexi, Nokia Siemens Networks merintis upaya mengurangi jejak karbon dari jaringan mobile. BTS sendiri mengkonsumsi hingga 90% dari konsumsi energi total jaringan mobile.

Misalnya, konfigurasi Flexi Base Station yang manjalankan WCDMA/HSPA mengomsumsi daya hanya 430W, 70% lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya tanpa memiliki dampak pada kinerja.

Untuk satu operator WCDMA/HSPA di Eropa ini berarti penghematan energi hampir sebesar 70 GWh dalam setahun. Tidak ada BTS lain di pasaran yang mampu menandingi hasil ini.[ito]

0 comments: